Teknik
pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk.
Kemampuan yang handal dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting
dari produk itu sendiri. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi
pemasaran yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat
dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan
dan membuat pelanggan semakin loyal. Tentu saja, jangan abaikan faktor kualitas
produk yang merupakan poin penting bagi pemasaran itu sendiri.
Maka, setelah Anda pastikan kualitas produk Anda,
rancanglah strategi pemasaran yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan
secara terkontrol, dinamis, dan kreatif. Berikut ini ada 6 langkah strategi
pemasaran yang dapat Anda terapkan.
Pertama, kenalilah pelanggan
Anda.Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang
efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok usia 15—30 tahun jika Anda ingin
memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok
usia 20—35 tahun jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan
mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu
dan biaya yang sia-sia.
Kedua, lakukanlah promosi. Lakukan upaya
promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar
promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan
cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, setiap
kali bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis Anda
untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan brosur tersebut
di tempat umum. Buatlah status di jejaring social yang berkaitan dengan produk
Anda, atau Anda mungkin dapat mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait
dengan produk tersebut. Dengan berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda
akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.
Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang
dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik,
lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth
publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat
menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda.
Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang
dapat menarik pelanggan baru.
Ketiga, pilih lokasi yang
strategis.
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan
tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di
jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan
strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk
memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat
diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
Keempat, coba gunakan
internet marketing. Internet marketing bisa jadi salah satu strategi
marketing yang sangat efektif. Apa pasal? Anda dapat mengetahui selera
pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs
jejaring sosial. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah
transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan
bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari
keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
Anda dapat memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan
menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Kelima, jalin hubungan
dengan pelanggan. Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan
mendapatkan pelanggan baru. Konon, biaya yang dibutuhkan untuk menarik
pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka,
buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang
telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan
mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain. Joe Girard, seorang
salesman terkemuka di dunia otomotif, mengatakan bahwa kunci suksesnya adalah
selalu memelihara hubungan yang baik dengan pelanggannya.
Keenam, the Power of Focus. Kekuatan fokus
terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya
dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut
karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih sedikit
tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda
dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.
Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini, Anda
harus dapat memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan juga ide
yang inovatif.
demikian 6 tips cara STRATEGI MARKETING PEMASARAN yang Efektif, Untuk Meningkatkan Sistem Penjualan
sumber : http://www.smartbisnis.co.id/insight/ekspansi-bisnis/6-strategi-pemasaran-yang-efektif-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar