PENJUALAN DAN PEMASARAN
PENJUALAN adalah suatu usaha yang
terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha
pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang
menghasilkan laba (Warwan ,1986). Penjualan dapat dilakukan dengan berbagai
cara, ada penjualan yang dilakukan secara tunai dan ada yang dilakukan secara
kredit. Penjualan tunai dilakukan apabila barang yang diberikan oleh penjual
langsung saat barang tersebut diterima dan ini sudah umum dilakukan juga
dianggap sebagat penjulan yang lazim, dan penjualan yang dilakukan secara
kredit adalah merupakan hal tagihan yang timbul dari transaksi penjualan barang
atau jasa, dan merupakan komponen besar dalam aktiva lancar. Piutang dagang
memiliki kecairan nomor dua setelah kas/bank.
PEMASARAN adalah suatu proses
sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan
keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang
bernilai satu sama lain (Philip Kotler, 1995). Sedangkan menurut Wiliam J.
Stanton (1978) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan
bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen. Dari
pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran sebagai suatu sistem dari
kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, sehingga konsumen mendapatkan
kebutuhan dan keinginan serta kepuasan.
Perbedaan
antara Pemasaran dengan Penjualan yang lainnya:
Pemasaran lebih mempriorotaskan kebutuhanan para konsumen sebelum membangun sebuah barang/ produk dengan megutamakan barang tersebut dan dapat memuaskan kebutuhan para konsumen dengan jangka yang panjang. sedangkan penjualan lebih di fokus kan kepada layanan dengan langsung berinteraksi dengan cara memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen, dan mampu mengatasi setiap keluhan dari konsumen. hal ini dilakukan agar dapat mendapatkan pelanggan konsumen sebanyak mungkin penjualan dengan sedikit kepuasan konsumen/pelanggan serta untuk mencari keuntungan atau laba
Pemasaran lebih mempriorotaskan kebutuhanan para konsumen sebelum membangun sebuah barang/ produk dengan megutamakan barang tersebut dan dapat memuaskan kebutuhan para konsumen dengan jangka yang panjang. sedangkan penjualan lebih di fokus kan kepada layanan dengan langsung berinteraksi dengan cara memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen, dan mampu mengatasi setiap keluhan dari konsumen. hal ini dilakukan agar dapat mendapatkan pelanggan konsumen sebanyak mungkin penjualan dengan sedikit kepuasan konsumen/pelanggan serta untuk mencari keuntungan atau laba
Konsep
Penjualan => sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mendayagunakan
aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli produknya. Ini berarti
bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai denngan supply
yang diajukan.
Konsep
Pemasaran => perusahaan menjajaki apa yang diinginkan oleh konsumen dan
kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan keinginan konsumen
dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan supply mereka
untuk memenuhi permintaan konsumen.
Penjualan
|
Pemasaran
|
1. tekanan
pada produk
2. perusahaan
pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
3.
manajemen berorientasi ke volume penjualan.
4.
perencanaan berorientasi
|
sumber : http://destrylahay.blogspot.com/2012/11/perbedaan-penjualan-dan-pemasaran.html
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar